Minggu, 16 Maret 2014

MEKANISME PERTAHANAN JARINGAN



Mekanisme pertahanan Metode-metode yang dapat diterapkan untuk membuat jaringan komputer menjadi lebih aman, antara lain adalah: Packet Sniffing sebagai peralatan (tool) pengelola jaringan packet sniffer dan sebagai alat pertahanan. Dengan melakukan analisa paket yang melalui sebuah media jaringan computer Contoh: Intrusion Detection System adalah sebuah packet sniffer yang bertugas untuk mencari host yang mengirimkan paket-paket yang berbahaya bagi keamanan. Selain menjadi alat untuk analisa permasalahan yang sedang dihadapi sebuah jaringan komputer. Terutama saat sulitnya sebuah host berhubungan dengan host Dalam membuat keputusan apakah sebuah paket data berbahaya atau tidak, IDS memakai metode :
• Signature-based Intrusion Detection System. Pada metode ini, telah tersedia daftar signature yang dapat digunakan untuk menilai apakah paket yang dikirimkan berbahaya atau tidak. Sebuah paket data akan dibandingkan dengan daftar yang sudah ada. Metode ini akan melindungi sistem dari jenis-jenis serangan yang sudah diketahui sebelumnya. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga keamanan sistem jaringan komputer, data signature yang ada harus tetap terupdate.
– Port Scanning Awalnya juga merupakan tool pengendali jaringan,tetapi digunakan oleh penyerang untuk mengetahui port apa saja yang terbuka dalam sebuah sistem jaringan komputer. Sebuah port terbuka jika adanya aplikasi jaringan komputer yang siap menerima koneksi.

Aplikasi ini dapat menjadi pintu masuk penyerang ke dalam sistem jaringan komputer. Port yang terbuka tetapi tidak digunakan perencanaan yang ada, maka aplikasi yang berjalan pada port tersebut harus segera dimatikan agar tidak menjadi celah tidak aman. – Packet Fingerprinting Packet Fingerprinting, adalalah mekanisme mengetahui peralatan apa saja yang ada dalam sebuah jaringan komputer.Hal ini penting karena peralatan dan sistem operasi memiliki karakteristik dan kelemahannya masing-masing. Artinya dapat diantisipasi langkah pengamanannya. Finger printing dapat mengetahui system operasi dengan meninjau header di IP kemudian dibandinkan dengan acuan

0 komentar:

Posting Komentar